Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018 - Pelaksanaan Kurikulum 2013 semakin memenuhi kuota pada satuan pendidikan, sehingga diharapkan pada tahun 2020 diharapkan semua sekolah telah menggunakan kurikulum 2013. Hingga sapai tahun pelajaran 2018/2019 sebagian sekolah kelas 3 dan kelas 6 juga telah diterbitkan buku guru dan buku siswa hasil revisi tahun 2018.
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018 |
Buku guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran.
- Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
- Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
- Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran.
- Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
- Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
- Berbagai teknik penilaian siswa.
- Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
- Petunjuk penggunaan buku siswa. Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
- Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
- Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
- Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
- Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran.
- Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
- Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
- Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inquiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
- Berbagai teknik penilaian siswa.
- Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
- Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
- Petunjuk penggunaan buku siswa. Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Membuka pembelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti mengamati gambar, membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, pemecahan masalah, dan sebagainya.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
- Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
- Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
- Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
- Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Berikut materi link download Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018:
Demikian semoga materi Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018 dapat bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurang kami dalam menjelaskan materi ini.