Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018 - Pelaksanaan Kurikulum 2013 semakin memenuhi kuota pada satuan pendidikan, sehingga diharapkan pada tahun 2020 diharapkan semua sekolah telah menggunakan kurikulum 2013. Hingga sapai tahun pelajaran 2018/2019 sebagian sekolah kelas 3 dan kelas 6 juga telah diterbitkan buku guru dan buku siswa hasil revisi tahun 2018.
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018
Buku guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran.
  2. Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
  3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  4. Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran.
  5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  6. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  7. Berbagai teknik penilaian siswa.
  8. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  9. Petunjuk penggunaan buku siswa. Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
  10. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
  11. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  12. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  13. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  14. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  15. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  16. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Baca juga: Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs Kelas VII

Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inquiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik penilaian siswa.
  6. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa. Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
  • Membuka pembelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti mengamati gambar, membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, pemecahan masalah, dan sebagainya.
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  • Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  • Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  • Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  • Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  • Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.


Demikian semoga materi Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018 dapat bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurang kami dalam menjelaskan materi ini.

You might also like